Alat Tangkap Long line

ALAT PENGANKAPAN IKAN
LONG LINE
1.      Long line
Long line adalah alat tangkap ikan yang terdiri dari rangkaian tali temali yang di bentangkan di perairan laut lepas. Pada setiap jarak tertentu dipasang tali cabang atau branch line dan dilengkapi pancing dan umpan
2.      Bagian-bagian dari alat tangkap long line
Seperti alat penangkap lainnya , satu unit long line terdiri dari kapal yang dirancang khusus, alat penangkap dan crew. Kapal-kapal tuna long linemodern bagian belakang dari kapal ini telah dirancang dengan baik untuk mudah operasi dan pengaturan alat penangkap.
Tuna long line sendiri pada umumnya terdiri dari
A.    Pelampung (float)
Pelampung yang digunakan pada long line terdiri dari beberapa jenis yaitu pelampung bola, pelampung bendera, pelampung radio, dan pelampung lampu. Warna pelampung harus berbeda atau kontras dengan warna air laut. Hal ini dimakasudkan untuk mempermudah mengenalnya dari jarak jauh setelah setting.
a.    Pelampung Bola
Pelampung bola biasanya terpasang pada ujung basket dari alat tangkap. Pelampung bola ini terbuat dari bahan sinteticdengan dimeter 35 cm dan ada yang lebih besar. Untuk long line dengan jumlah basket 70 maka jumlah pelampung bola yang digunakan adalah 68 buah, pada ujungnya terdapat pipa setinggi 25 cm dan stiker scotlight yang sengat berguna bila alat penangakap tersebut terputus maka mudah menemukannya. Untuk melindungi pelampung-pelampung tersebut dari benturan yang dapat menyebabkan pecahnya pelampung tersebut, maka pelampung tersebut dibalut dengan anyaman tali polyehylene dengan diameter 5mm.
b.    Pelampung Bendera
Pelampung bendera merupakan pelampung yang pertamakali diturunkan pada waktu setting dilakukan. Biasanya diberi tiang (dari bambu atau bahan lain) yang panjangnya bervariasi sekitar 7 m dan diberi pelampung. Supaya tiang ini berdiri tegak maka diberi pemberat.
c.     Pelampung Lampu
Pelampung ini biasanya menggunakan balon 5 watt yang sumber listriknya berasal dari baterai yang terletak pada bagian ujung atas pipa atau bagian bawah ruang yang kedap air. Pelampung ini dipasang pada setiap 15 basket yang diperkirakan hauling pada malam hari. Fungsinya adalah untuk penerangan pada malam hari dan memudahkan pencarianbasket bila putus.


d.    Pelampung Radio Bouy
Sebuah radio bouy dilengkapi dengan transmiter yang mempunyai frekuensi tertentu. Daerah tranmisinya bisa mencapai 30 mil. Jjika dalam pengoperasian long linemenggunakan radio bouy,maka kapal harus dilengkapi denganradio direction finder(RDF). Peralatan ini berfungsi untuk menunjukan arah lokasi radio bouy dengna tepat pada waktu basket putus.
B.    Tali Pelampung
Tali pelampung berfungsi untuk mengatur kedalaman dari alat penangkap sesuai dengan yang dikehendaki. Tali pelampung ini biasanya terbuat dari bahan kuralon.

C.  Tali Utama (main line)
Tali utama atau main line adalah bagian dari potongan-potongan tali yang dihubungkan antara satu dengan yang lain sehingga membentuk rangkaian tali yang sangat panjang. Tali utama harus cukup kuat karena menanggung beban dari tali cabang dan tarikan ikan yang terkait pada mata pancing. Pada kedua ujung pada main line dibuat simpul mata.Main line basanya terbuat dari bahan kuralon yang diameternya 0,25 inci atau lebih. Panjang main linetergantung dari panjang dan jumlah branch line, karena setiap penemuan kedua ujung main line merupakan tempat pemasanganbranch line.

D.  Tali cabang (branch line)
Bahan dari tali cabang biasanya sama dengan tali utama, perbadaanya hanya pada ukuran saja, dimana ukuran tali cabang lebih kecil dari tali utama. Satu set tali cabang ini terdiri dari tali pangkal, tali cabang utama, wire leader yang berfungsi agar dapatmenahan gesekan pada saat ikan terkait pada pancing, dan pancing yang terbuat dari bahan baja, biasnaya menggunakan pancing no.7.
Umpan merupakan bagian yang sangat penting untuk diperhatikan dalam penangkapan ikan dengan tuna long line. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi umpan pada alat penangkap ini antara lain adalah jenis ikan yang mempunyai sisik mengkilat dengan warna yang menarik sehingga dengan mudah dapat dilihat pada jarak yang jauh, kemudian tidak cepat busuk, rangka tulang kuat sehingga tidak mudah lepas dari pancing bila tidak disambar ikan, mempunyai bau yang cukup tajam dan merangsang serta disukai oleh ikan yang dipancing, tersedia dalam jumlah yang besar, dan murah harganya. Ikan bandeng, ikan kembung, ikan layang dan cumi-cumi merupakan jenis umpan yang banyak digunakan.

image_gallery


3.      Kapal Long Line
         Kapal untuk ikan tuna long line, termasuk jenis kapal untuk laut lepas. Hal itu dikarenakan daerah penangkapan ikan tuna ataupun jenis ikan tuna lainnya berada jauh dari lepas pantai, maka kemampuan kapal juga tergantung pada ukuran besar kecilnya kapal.

4.      Alat Bantu Penangkapan
Ada beberapa alat bantu penangkapan pada kapal long line :
1.      Line Hauler
Suatu alat yang digerakkan secara mekanik untuk menarik rangkaian tali utama (main Line) pada waktu hauling.
2.      Line Arranger
Alat yang dipergunakan untuk penyusunan tali utama pada kotak penyimpanan secara otomatis.
3.      Line Emiter
Alat yang digunakan untuk mengeluarkan tali utama dari kota penyimpanan, sewaktu tali hendak diturunkan ke laut.
4.      Branch Hauler
Alat yang dipergunakan untuk menggulung tali cabang dan pelampung secara cepat. Dengan alat ini tali cabang akan tergulung rapi.
5.      Line Setter
Alat yang digunakan untuk membuang talin utama kelaut disaat hauling. Dengan alat ini dapat diketahui berapa panjang tali yang telah terbuang dengan melalui system alarm bell.

6.      Side Roller
Alat yang dipergunakan untuk mengarahkan tali utama pada line hauler. Sehingga tali selalu terarah pada line hauler walaupun kondisi kapal terombang-ambing oleh ombak.
7.      Long Line Spools
Alat yang dipergunakan untuk menarik dan menggulung tali utama bahan monofilament. Bagi kapal long liner yang mempergunakan alat ini tidak lagi menggunakan line hauler atau alat yang lainnya kecuali line setter sebagai pasangannya dalam pembuangan tali utama. Semua tali utama akan tergulung dan tersimpan dalam long line spools.
8.      Radio Buoy
Alat ini dapat mengirim sinyal radio yang telah diketahui kodenya secara teratur. Alat ini untuk menghindari hilangnya rangkaian alat tangkap long line.
9.      Long Line Block
Alat ini digunakan untuk mengatur arah tali sesuai dengan kondisi kapal (deck layout). Block ini dapat dipindah-pindahkan sesuai kebutuhan baik waktu setting maupun hauling.
10.  Long Hook
Alat yang digunakan umtuk mengangkat ikan tuna yang telah terpancing

Komentar